Jumat, 18 Mei 2012

PENDAHULUAN GEOLOGI


Geologi : Berasal dari bahasa latin Gea (bumi) dan logos (ilmu).Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi, material penyusunnya, struktur-struktur yang berkembang, dan segala proses yang terjadi didalam maupun dipermukaan bumi (kerak bumi).Geologi meliputi studi tentang mineral, batuan, fosil, tidak hanya sebagai obyek, tetapi menyangkut penjelasan tentang sejarah pembentukannya. Geologi juga mempelajari dan menjelaskan gambaran fisik serta proses yang berlangsung di permukaan dan dibawah permukaan bumi, pada saat sekarang dan juga pada masa lalu.

Cabang-cabang pengetahuan Geologi (katili):
1. Geofisika : Ilmu yang mempelajari sifat-sifat fisika dari bumi seperti gaya berat, magnet, gempabumi, eksplorasi
2. Mineralogi : pengetahuan yang mempelajari mineral yaitu bahan utama yang membentuk kerakbumi
3. Petrologi : mempelajari cara terbentuknya batuan dan klasifikasinya.
4. Paleontologi : ilmu yang mempelajari pembatuan dari sisa-sisa binatang purba ataupun tumbuhan purba.
5. Geologi sejarah : mempelajari urutan dari satuan satuan waktu serta kejadian-kejadian dan perubahan perubahan selama sejarah bumi.
6. Geomorfologi : ilmu yang mempelajari bentuk-bentuk muka bumi yang terjadi karena gaya-gaya yang bekerja diatas dan didalam bumi.

Teori Dasar Geologi
Teori Malapetaka : Menerangkan gejala-gejala geologi dengan perubahan-perubahan yang revolusioner. Contoh : Sebuah pegunungan tinggi dengan tiba-tiba muncul diatas permukaan bumi, flora dan fauna dari tiap-tiap jaman tidak berubah dan sewaktu terjadi revolusi maka hewan-hewan itu musnah.
Tokoh : Cuvier dan d’Orbigny

Uniformitarisma : Segala gejala alam besar saat ini, terjadi dengan jalan yang lambat dan proses yang bersambungan seragam dengan proses yang kini sedang berlangsung. Motto Geologi modern : ‘ The Present is The Key to The past’.
Tokoh : Hutton (1726 – 1797)


sumber : Hendo Nugroho,Dosen Geologi,Kuliah Geofisika, Akademi Meteorologi dan Geofisika.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review